Global.com –Lomba karnaval tingkat TK/PAUD di Kecamatan Maritengae mewarnai perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) Ke-78 di Kabupaten Sidrap, Selasa (15/8/2023).

Para peserta karnaval tampil dengan kostum kreasinya masing-masing dengan tema yang unik dan menarik untuk merayakan kemerdekaan. 

Salah satu yang menyedot perhatian yakni barisan PAUD Negeri Percontohan Sidrap, mereka dengan mobil hiasnya yang berkonsep Istana negara.

Dan menariknya lagi, murid-murid ini memerankan tokoh-tokoh pejuang seperti Presiden Ir. Soekarno, Wakil Presiden Muhammad Hatta, Bapak Pendidikan, Ki Hadjar Dewantara dan Raden Ajeng Kartini.

Contohnya murid bernama, Sultan Andika Ramadhan, ia tampil sebagai Soekarno cilik lengkap dengan ciri khas memakai kacamata dan peci hitam sambil memegang tongkat komando di tangan. Ia didampingi temanya, Fardhan Rafasya Alfarizi yang didandani mirip, Muhammad Hatta.

Mereka memperagakan momen saat membacakan naskah teks Proklamasi pada saat kemerdekaan Indonesia tahun 1945. Mereka pun nampak sangat mendalami peran mereka sambil melambaikan tangan ke penontonbyangvteepikat melihat’aksi mereka.

Kepala PAUD Negeri Percontohan Sidrap, Rastuti mengatakan, untuk meramaikan Karnaval TK/PAUD, ia mengikutsertakan kurang lebih 200 paserta didik, mulai dari peserta didik KB, TK A dan TK B.

“Adapun tema yang diusung kali ini adalah tema khebinekaan dengan ditampilkannya pakaian adat dari seluruh provinsi di Indonesia serta banyaknya profesi yang ada di Indonesia,” katanya.

Penonton pun tampak terlihat antusias menyaksikan lomba karnaval yang digelar Pemerintah Kecamatan Maritengngae itu. 

Salah seorang penonton mengungkapkan dirinya flashback ke masa perjuangan saat menyaksikan murid-murid yang didandani seperti sosok tokoh-tokoh pejuang.

“Dengan munculnya tokoh-tokoh yang diperankan oleh peserta didik PAUD Negeri Percontohan ini, walaupun merupakan perlombaan, namun suasana kita serasa kembali ke zaman perjuangan,” lontarnya.

Lomba karnaval ini disaksikan Camat Maritengngae, Andi Surya Praja Hadiningrat dan Bunda PAUD Kabupaten Sidrap, Hj. Suhara serta undangan lainnya.

Dapatkan berita terbaru di Global Katasulsel.com