Global.com,Enrekang — SMA Negeri 1 Enrekang berhasil meraih penghargaan bergengsi dari International Human Resources Development Program (IHRDP) Foundation pada tahun 2023. Sekolah ini berhasil memperoleh dua penghargaan sekaligus yaitu Education Award dalam kategori School Of The Year 2023 dan Principal Of The Year 2023. Penghargaan ini diserahkan dalam acara di Siladen Room, Aryaduta Hotel Manado pada Sabtu (18/11/2023).

Kepala SMA Negeri 1 Enrekang, Daharuddin S.Pd., M.Pd mengucapkan terima kasih kepada seluruh guru, staf tata usaha, komite sekolah, dan semua pihak yang terlibat dalam proses ini. Ia menyampaikan bahwa prestasi ini tidak akan tercapai tanpa kerja sama, kerja ikhlas, dan kerja tuntas dari semua pihak yang terlibat.

Dalam sambutannya, Ketua Umum IHRDP Foundation, Gene Vinsent S, B.B.A, MBA menjelaskan bahwa IHRDP Foundation merupakan lembaga non politik dan non-profit yang berfokus pada penghargaan, pemantauan, penelitian, dan pengembangan sumber daya manusia di Indonesia. IHRDP telah diakui sebagai lembaga pemberi penghargaan baik di tingkat internasional maupun nasional.

Untuk penilaian Education Award 2023, terdapat beberapa kriteria yang harus dipenuhi. Pertama, kepala sekolah dapat menjadi contoh dan teladan dalam lingkungan keluarga dan masyarakat. Kedua, mampu meningkatkan kualitas dan produktivitas sumber daya manusia terutama dalam bidang pendidikan. Ketiga, memiliki prestasi yang berdampak nasional. Keempat, mampu meningkatkan harkat dan martabat manusia serta memperkuat jati diri dan kepribadian dalam berbagai aspek kehidupan, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Kelima, menjadi figur yang dapat memberikan inspirasi dan motivasi terutama bagi generasi muda. Keenam, menjadi figur yang berprestasi, berdedikasi, dan menjadi panutan di bidangnya. Ketujuh, menjadi figur yang kreatif dan inovatif. Dan terakhir, memiliki ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Gene juga menambahkan bahwa dalam proses seleksi School Of The Year 2023, IHRDP hanya memilih 25 sekolah di seluruh Indonesia sebagai penerima penghargaan, sedangkan untuk Principal Of The Year 2023, IHRDP memilih 7 kepala sekolah di Indonesia.

SMA Negeri 1 Enrekang berhasil memperoleh dua sertifikat sebagai Sekolah Terbaik 2023 dan Kepala Sekolah Terbaik 2023. Prestasi ini menjadi bukti kesuksesan sekolah dalam mencetak generasi yang berkualitas dan menjadi teladan bagi sekolah-sekolah lainnya. Semoga prestasi ini dapat memotivasi sekolah dan pihak terkait untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.(*)

Dapatkan berita terbaru di Global Katasulsel.com