Global.com, Soppeng — Bupati Soppeng, H. A. Kaswadi Razak menerima cetakan perdana Kamus Bugis-Inggris-Indonesia yang disusun oleh Douglas Laskowske MA di ruang jabatan Bupati Soppeng, Jumat 1 Desember 2023. Kamus ini membawa berita baik bagi masyarakat Soppeng dan bagi siapapun yang ingin mempelajari bahasa Bugis, terutama dalam memperkaya kosakatanya.

Dalam kamus tersebut tercantum sekitar 9.400 kosakata Bugis, lengkap dengan aksara Lontara dan Latin. Kamus ini merupakan hasil penelitian yang sangat baik yang dilakukan oleh Douglas selama sekitar lima tahun, sehingga tak heran jika Bupati Soppeng dan masyarakat Soppeng merasa penting untuk meletakkan kamus ini menjadi buku yang wajib dimiliki oleh setiap sekolah.

Menurut Bupati, kamus ini harus menjadi buku referensi di sekolah karena tentunya akan sangat membantu siswa dan mahasiswa dalam memahami kosakata Bahasa Bugis dan mengembangkan kemampuan mereka dalam menguasai bahasa tersebut. Hal ini juga diiringi dengan kepercayaannya bahwa kamus tersebut akan membantu siswa dan mahasiswa Bahasa Bugis dalam mempelajari bahasa Inggris, karena terdapat terjemahan yang akurat dalam kamus ini.

Sebagai pusat kebudayaan Bugis, Bupati juga mengharapkan bahwa keberadaan kamus tersebut akan menjadi wujud penghormatan terhadap budaya dan peradaban Bugis. Dia berharap pula melalui kamus ini, masyarakat Soppeng serta masyarakat lainnya akan lebih mengenali akan kearifan lokal dan lebih meresapi kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat Bugis.

Douglas, sebagai penulis Kamus Bugis-Inggris-Indonesia, merasa bangga dan senang menghadirkan kamus ini untuk masyarakat. Dia mengungkapkan bahwa dirinya telah membutuhkan waktu yang sangat panjang dan berlengsung selama 5 tahun melakukan penelitian dalam menyusun kamus ini. Meski memakan waktu yang lama, tetapi Douglas bersemangat dan merasa terpanggil untuk terus menghasilkan kamus-kamus lainnya berdasarkan bahasa daerah yang ada di Indonesia.

Penerbit Kamus Bugis-Inggris-Indonesia oleh Douglas Laskowske adalah Ininnawa dengan alamat kantor di Jl. Daeng Sirua, Kota Makassar. Kamus ini sudah bisa dipesan melalui distributor Kampung Buku di nomor telepon (+6281354653603) atau bisa dipesan melalui Tokopedia dan situs online lainnya. Diharapkan, dengan mudahnya mendapatkan kamus ini, masyarakat semakin termotivasi untuk belajar dan mengembangkan bahasa daerah dan memperkuat rasa cinta akan budaya lokal.

Kamus Bugis-Inggris-Indonesia oleh Douglas Laskowske ini menjadi sebuah bukti bahwa lebih banyak orang memahami bahasa bugis meskipun tidak semua masyarakat Bugis mampu menguasai bahasa Inggris. Memahami bahasa Bugis tidak hanya menguatkan jati diri, tetapi juga dapat menambah pengalaman dan wawasan pengetahuan bagi siapa saja yang mempelajarinya. Kami mengucapkan selamat untuk pencapaian kamus ini dan berharap dapat bermanfaat bagi semua orang.(*)

Dapatkan berita terbaru di Global Katasulsel.com