Global.com – Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kab.Soppeng melaksanakan acara Peringatan Hari Ibu ke- 95 Tahun 2023 Tingkat Kabupaten Soppeng dengan tema “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju”, bertempat di Ruang Pola Kantor Bupati Soppeng. Jumat, 22/12/2023.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kabupaten Soppeng Kab. Soppeng Hj. A. HUSNIATI, S.Sos, MM dalam laporannya, Peringatan Hari Ibu bagi bangsa Indonesia selalu menjadi momen khusus bukan hanya ucapan terima kasih kepada kasih sayang Ibu tetapi lebih dari itu, peringatan ini bertujuan untuk mendorong semua pemangku kepentingan dan masyarakat luas tentang pentingnya eksistensi perempuan dalam sektor pembangunan. Sehingga peringatan Hari Ibu Tahun 2023 akan menjadi tonggak sejarah baru bagi perempuan.

Peringatan haru Ibu dengan tema “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju” diharapkan akan memberikan inspirasi kepada semua pihak untuk terus mendukung perempuan dan menyadari pentingnya peran mereka dalam pembangunan Indonesia. Serta meningkatkan semangat kaum perempuan Indonesia agar mampu berkompetisi dalam berbagai persoalan daerah.

Ketua TP PKK Kab.Soppeng Hj.Nurjannah Kaswadi, SE dalam sambutannya Ibu orang yang telah mendidik kita sehingga menjadi manusia berguna bagi nusa dan bangsa, tanpa seorang ibu kita tidak akan pernah ada. Dalam perkembangannya para Ibu tidak hanya mengurus pekerjaan rumah tangga tapi juga telah bertransformasi serta Mengisi berbagai bidang dan berperan dalam pembangunan daerah, hal tersebut merupakan keberhasilan yang patut kita syukuri.

Peran seorang ibu dapat dilakukan mulai dari keluarga masing-masing. Ibu dapat mendidik dan membimbing Buah Hati sehingga menjadi Pemuda dan Pemudi yang berperilaku baik dan unggul di masa mendatang yang tentunya akan menciptakan kesejahteraan serta kemakmuran pembangunan bagi bangsa dan negara.

Sambutan Bupati Soppeng, H. A. Kaswadi Razak, SE. Pada hari ini kita melaksanakan peringatan Hari Ibu ke 95, Seraya mengenang menghargai perjuangan perempuan di Indonesia dalam merebut dan mengisi kemerdekaan yang tidak dapat dipisahkan dari sejarah perjuangan bangsa.

Hari Ibu di Indonesia bermula dari penyelenggaraan Kongres Perempuan Indonesia pertama di Yogyakarta pada 22 Desember 1928 yang merupakan sebuah titik penting pergerakan perempuan yang menandai babak baru bangkitnya pergerakan perempuan di Indonesia untuk berorganisasi secara demokratis tanpa membedakan agama, etnis dan kelas sosial.

Memperingati hari Ibu setiap tahunnya diharapkan dapat mendorong semua pemangku kepentingan dan masyarakat luas agar memberikan perhatian dan pengakuan terhadap eksistensi perempuan di berbagai sektor pembangunan. Hal ini mengingatkan kepada kita semua bahwa keadilan, kesejahteraan dan perdamaian juga tidak akan pernah tercapai tanpa peran serta perempuan.

Perempuan apabila diberikan peluang dan kesempatan maka dapat meningkatkan kualitas hidupnya secara mandiri. Serta perempuan dalam berbagai dimensi kehidupan berbangsa dan bernegara juga mampu menjadi motor penggerak dan motor perubahan.

Saya ingin mengajak semua masyarakat khususnya kaum perempuan Indonesia untuk terus berkarya, mampu menjadi sosok yang mandiri, kreatif, inovatif dan percaya diri dalam meningkatkan kualitas dirinya. Sesama perempuan harus saling memotivasi dan membantu, jangan sesama perempuan saling menjatuhkan karena perempuan akan semakin kuat jika bersatu. Oleh karena itu, sekarang adalah waktu perempuan memilih warna sendiri bagi pembangunan bangsa ini melalui peran dan karya nyata.

Acara dilanjutkan pemotongan Nasi Tumpeng oleh Ketua TP. PKK Kab. Soppeng turut mendampingi Bupati Soppeng dan para Anggota Forkopimda Kab. Soppeng.

Pada acara tersebut juga dilakukan pemberian sembako secara simbolis kepada petugas kebersihan perempuan oleh Ketua TP. PKK Kab. Soppeng.

Dapatkan berita terbaru di Global Katasulsel.com