GLOBAL.COM, SIDRAP — Dalam rangka mendukung dan menjaga ketahanan pangan, Anggota Koramil 1420-05/Dua Pitue Serda M. Lubis bersama dengan warga sekitar melaksanakan perawatan tanaman singkong yang ditanam diatas lahan seluas 14 Hektar yang merupakan Lahan Ketahanan Pangan Makodim 1420/Sidrap di Desa Bila Kec. Pitu Riase Kab. Sidrap. Selasa (06/02/24).

Tanaman holtikultura seperti jenis ubi kayu atau singkong ini merupakan tanaman tahunan yang pada umumnya memiliki keuntungan. Hal itu karena dapat ditanam di sepanjang tahun, tanpa terikat dengan musim yang akan datang. Masa panen singkong ini berkisar antara 6 sampai 9 bulan, selain itu juga dedaunan ubi bisa dimanfaatkan buat lalapan lauk dan perawatan yang lebih mudah.

Serda M. Lubis mengatakan “Demi menjaga kelangsungan ketahanan pangan ini bersama instansi terkait terus berinovasi untuk mengembangkan cara dan sistem yang efisien dalam menjalankan program ketahanan pangan, kita terus mencoba membuat perubahan dengan menggandeng pihak-pihak terkait dalam menjaga ketahanan pangan di daerah khususnya di Kab. Sidrap,” ujarnya.

Ws. Danramil 1420-05/Dua Pitue Letda Inf Murjalil saat dikonfirmasi mengatakan, perawatan tanaman singkongyg dilakukan oleh anggotanya bersama dengan warga merupakan serangkaian upaya yang dilakukan untuk mencukupi stok kebutuhan pangan di tengah- tengah masyarakat selain itu juga kegiatan ini bertujuan agar dapat menumbuhkan nilai- nilai ekonomi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat lainnya.

“Berbagai inovasi dan terobosan dilakukan agar hasil panen lebih maksimal dan masyarakat lebih mudah memahami tata cara perawatan dalam suatu tanaman sehingga dapat mempunyai manfaat yang tinggi. Upaya penyuluhan dan juga pendampingan oleh petugas terkait terus dilaksanakan agar hasil panen dapat maksimal sesuai yang diharapkan,” pungkasnya. (*)

Dapatkan berita terbaru di Global Katasulsel.com