Global.com, Sidrap —Kepala Rutan Kelas II B Sidrap, Iskandar Djamil, terus memperhatikan kesehatan para narapidana di rumah tahanan, terutama para narapidana aktif di sel blok wanita. Pada Jumat pagi (23/02/2024), Iskandar Djamil turun langsung untuk melakukan inspeksi khusus di kamar para narapidana wanita.

Salah satu tujuan dari inspeksi ini adalah untuk memastikan kesehatan bayi dari seorang narapidana bernama Asmaul Husna. Bayi tersebut bernama Nur Hafisah dan lahir pada hari Senin, 29 Januari 2024. Setelah dilahirkan, bayi tersebut telah diberikan imunisasi Hepatitis B, imunisasi BCG, dan imunisasi Polio. Saat ini, bayi tersebut dirawat oleh ibu kandungnya yang sedang menjalani hukuman pidana di Rutan Sidrap atas kasus narkotika.

Selain memperhatikan fasilitas kesehatan, Kepala Rutan Iskandar juga memberikan fasilitas kebutuhan perlengkapan bayi seperti pampers popok dan susu formula. Semua fasilitas ini diberikan secara gratis tanpa dipungut biaya karena kesehatan para tahanan sudah dijamin oleh negara.

Kepala Rutan juga menganjurkan kepada narapidana tersebut untuk merawat bayinya dengan baik dan mengonsumsi makanan bergizi agar bayi tidak mengalami stunting atau gizi buruk. Iskandar mengungkapkan kebahagiannya bahwa kesehatan ibu dan bayinya baik-baik saja. Pengawasan yang intens terhadap wanita, khususnya ibu dan anaknya, dilakukan untuk menjaga kesehatan mereka. Rutan Sidrap juga turut membantu pemerintah dalam menekan angka kasus stunting dan menciptakan generasi yang sehat dan cerdas.

Selain pengawasan di sel blok wanita, inspeksi mendadak juga dilakukan di sel blok laki-laki untuk memastikan tidak ada barang-barang yang melanggar aturan internal narapidana, seperti alat komunikasi, benda tajam, atau narkotika. Hal ini dilakukan untuk menjaga Rutan Sidrap agar bebas dari barang-barang tersebut dan menciptakan kondisi yang sehat, aman, dan terjamin dari tindakan kriminal atau pelanggaran hukum.(*)

Dapatkan berita terbaru di Global Katasulsel.com