GLOBAL.COM, SIDRAP — Personel Koramil 1420-03/Maritengngae dipimpin oleh Kapten Arh Ridwan bersama dengan Kelompok Masyarakat Peduli Bencana Indonesia (MPBI) Kab. Sidrap, Staf Desa Kanie, Tokoh Masyarakat dan warga Desa Kanie melakukan kerja bakti membersihkan saluran air dan tumpukan dampah di Dusun 1 Desa Kanie Kec. Maritengngae Kab. Sidrap, Kamis (07/03/2024).

Danramil 1420-03/Maritengngae Kapten Arh Ridwan mengatakan, pembersihan saluran air memang sudah direncanakan sebelumnya karena banyaknya tumpukan sampah disekitar saluran air
“Tumpukan sampah ini dikhawatirkan akan menghambat aliran air yang dapat mengakibatkan air naik kepermukaan dan banjir, apalagi pada musim hujan seperti sekarang ini,” katanya.

Oleh karena itu, ia dan staf Desa kompak untuk turun membersihkan saluran bersama anggota dan warga.
“Pihaknya akan terus mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan minimal tidak membuang sampah di sekitar sungai maupun saluran irigasi yang dapat mengganggu kelancaran aliran air,” imbaunya.

Ditempat yang berbeda Dandim 1420/Sidrap Letkol Inf Andika Ari Prihantoro, S.E., M.I.Pol. mengatakan, kegiatan tersebut sebagai wujud sinergitas TNI dan pemerintah bersama masyarakat dalam mengantisipasi banjir di musim hujan.

“Dengan gotong royong pekerjaan dapat selesai dengan cepat. Sekaligus menjalin silaturahmi dan kekompakan,” jelasnya.

Menjaga kelestarian lingkungan menjadi tanggung jawab bersama maka kerja bakti membersihkan lingkungan bagian dari kita menjaga dan antisipasi agar tidak terjadi banjir dan bencana lainnya. Dengan adanya kegiatan ini masyarakat desa dapat mengembalikan semangat gotong royong dan kerja bakti, karena itu budaya kita. (*)

Dapatkan berita terbaru di Global Katasulsel.com