Global.com, Enrekang – Mengemban tugas Kepolisian pada fungsi Bhabinkamtibmas tidak hanya melakukan sambang kunjung , namun juga melakukan indentifikasi gejolak permasalahan yang timbul ditengah masyarakat.

Semisal Bhabinkamtibmas Polsek Maiwa Aiptu Nuryadi Gusti diketahui tengah menangani permasalahan warganya yang berselisih paham.

Aiptu Nuryadi yang mengemban tugas Bhayangkara Pembinaan keamanan dan ketertiban masyarakat berinisiatif menyelesaikan permasalah warga dengan metode Problem solving di Kanton Desa Patondon Salo. Minggu (19/05/2024).

Dikatakan mulanya Bhabinkamtibmas Melaksanakan sambang kunjung guna menjalin silaturahmi dengan masyarakat, disaat berkegiatan di wilayah binaannya Bhabinkamtibmas memperoleh/mengindentifikasi adanya gejolak permasalahan melibatkan petani , pedagang dan pemilik APMS dalam hal kuota bahan bakar jenis pertalite dan solar.

Mencegah meluasnya permasalahan Bhabinkamtibmas selanjutnya menggiring kubu yang berselisih paham untuk dilakukan musyawarah dengan menghadirkan Camat Maiwa, Kades Patondon Salo dan beberapa pihak terkait. Setelah musyawarah selama satu jam kubu yang berselisih paham akhirnya sepakat berdamai ditandai dengan penandatanganan surat kesepakatan.

Di sela sela penyelesaian masalah, Bhabinkamtibmas memberikan nasehat dan himbauan kamtibmas tentang pentingnya hidup rukun dan damai serta toleransi, tanpa adanya permusuhan antar sesama serta mengajak kedua belah pihak untuk menjaga keamanan dan ketertiban di kampung.

Bhabinkamtibmas menuturkan ” Sebagai Anggota kepolisian yang keseharian bersentuhan langsung dengan masyarakat, Kami selalu mendorong permasalahan warga untuk diselesaikan secara Problem solving dengan Musyawarah” ujarnya

” Problem solving merupakan strategi pemecahan masalah yang dilaksanakan oleh pengemban fungsi Bhabinkamtibmas Polri untuk menemukan solusi dari suatu permasalahan” tutup Nuryadi

Kapolsek Maiwa AKP Abd Samad SH MH juga menjelaskan ” Kasus yang dilakukan mediasi dengan cara problem solving khusus kasus kasus ringan saja, problem solving ini juga bertujuan agar permasalahan warga tidak meluas, sehingga tidak menimbulkan konflik sosial” ucapnya

Kapolsek Maiwa pun tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada anggotanya tersebut karena berhasil menyelesaikan permasalahan warga binaannya dengan cara mediasi atau diselesaikan secara kekeluargaan.

Dapatkan berita terbaru di Global Katasulsel.com