GLOBAL.COM, SIDRAP — Guna meningkatkan kinerja pelayanan anggota Satuan Pol PP dan Damkar kepada masyarakat. Pemkab Sidenreng Rappang menyerahkan 128 Anggota Sat Pol PP dan Damkar kepada Dandim 1420/Sidrap untuk dibina melalui Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklat Dasar).

Pelaksanaan Diklat Dasar Pol PP ini dijadwalkan akan berlangsung selama 2 hari, terhitung mulai Tanggal 13 Juni sampai dengan 14 Juni 2024 di Markas Komando Distrik Militer 1420/Sidrap dan dibuka oleh Pj. Setda Kabupaten Sidrap Muhammad Yusuf, S.H., Mkn., yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs. Muhammad Iqbal, M.Si., di halaman Makodim 1420/Sidrap Jalan Jenderal Sudirman Kelurahan Majelling Wattang Kecamatan Marittengae Kabupaten Sidenreng Rappang, Kamis (13/06/24).

Dalam sambutannya Pj. Setda Kabupaten Sidrap Muhammad Yusuf, S.H., Mkn., yang dibacakan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs. Muhammad Iqbal, M.Si., mengatakan bahwa diklat dasar ini memiliki arti penting dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kompetensi anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pemadam Kebakaran. Peran Satpol PP dan Damkar sangat vital dalam menjaga ketertiban umum menegakkan peraturan daerah serta melindungi masyarakat oleh karena itu diperlukan personil yang tidak hanya memiliki fisik yang tangguh tetapi juga kemampuan teknis disiplin dan integritas yang tinggi.

Kesempatan ini adalah momen berharga untuk memperdalam pengetahuan keterampilan dan sikap profesional dalam melaksanakan tugas manfaatkan setiap sesi pelatihan dengan baik serap ilmu yang diberikan oleh para instruktur dan terapkan dalam tugas-tugas di lapangan nanti.

Kegiatan Diklat ini juga bertujuan untuk memperkuat sinergi antara Satpol PP Damkar dengan TNI dalam hal ini Kodim 1420/Sidrap guna menciptakan kerjasama yang solid dan harmonis dalam menjaga ketertiban dan keamanan di wilayah kita, semoga kerjasama yang baik ini dapat terus ditingkatkan di masa mendatang.

Kasat Pol PP dan Damkar Kabupaten Sidrap, Usman Denma mengatakan Diklat Sat Pol PP yang dikerjasamakan dengan Kodim 1420/Sidrap ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sumber daya aparatur dan profesionalisme anggota Satpol PP dalam mengemban tugas dan tanggungjawab, khususnya sebagai aparat pelindung Perda serta mengayomi masyarakat.

Selanjutnya, Satpol PP adalah satuan pengamanan yang mempunyai tugas pokok sebagai penyelengara ketentraman dan menegur masyarakat dan menegakkan peraturan daerah di tingkat Kabupaten. Oleh karena itu Satpol PP harus selalu memiliki semangat dan kepercayaan diri serta mampu mendekatkan diri pada masyarakat.

“Melalui diklat yang di tangani oleh Kodim 1420/Sidrap ini, kita berharap kedepannya akan dapat memantapkan peran dan fungsi Satpol PP dalam mewujudkan dan menjaga izin masyarakat” Harap Kasat Pol PP.

Sementara itu Komandan Kodim 1420/Sidrap Letkol Inf Andika Ari Prihantoro, SE., M.I.Pol., menyambut baik dan menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintah Kabupaten Sidenreng Rappang yang telah memberikan kepercayaannya kepada Kodim 1420/Sidrap dalam pelaksanaan Diklat ini.

Lebih lanjut Dandim mengatakan ada 3 Pola yang harus dimiliki dalam pelatihan yaitu Pembentukan sikap dan perilaku, pembekalan tentang pengetahuan dan kemampuan, serta Fisik.

“Ikuti seluruh instruksi pelatih selama pelatihan, selama diklat tentu akan menguras pikiran dan keringat maka apabila terjadi kendala segera laporan ke pelatih agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan,” pesan Letkol Inf Andika. (*)

Dapatkan berita terbaru di Global Katasulsel.com