Makassar, Global.com – Dalam rangka memperingati Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-64 dan Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) ke-24, Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan (Kejati Sulsel) menggelar kegiatan sosial berupa donor darah dan pemeriksaan kesehatan gratis. 

Acara ini berlangsung di Baruga Adhyaksa, Kantor Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan pada Rabu (17/07/2024) dan dibuka secara resmi oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan, Agus Salim.

Kegiatan ini diikuti oleh para pegawai Kejati Sulsel, anggota IAD Wilayah Sulawesi Selatan, serta mahasiswa KKP dan PKL Universitas Hasanuddin. 

Pelaksanaan donor darah terselenggara atas kerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Sulawesi Selatan.

Dalam sambutannya, Kajati Sulsel Agus Salim menyambut baik aksi sosial yang diprakarsai oleh Ketua IAD Wilayah Sulawesi Selatan, Ny. Fauziah Agus. 

Ia menekankan pentingnya kegiatan ini sebagai wujud nyata kepedulian Kejati Sulsel terhadap masyarakat yang membutuhkan donor darah. 

“Ingat, setetes darah yang diberikan sangat berarti untuk menyelamatkan jiwa orang lain,” ujar Agus Salim.

Ketua IAD Wilayah Sulawesi Selatan, Ny. Fauziah Agus, menjelaskan bahwa sebelum melakukan donor darah, calon pendonor harus menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu. 

Pemeriksaan ini mencakup kondisi fisik yang harus dalam keadaan sehat, usia, suhu tubuh, tekanan darah, dan kadar hemoglobin (Hb) sesuai standar yang ditetapkan. 

Selain itu, calon pendonor juga diharapkan untuk memastikan asupan gizi terutama zat besi telah terpenuhi, cukup istirahat, dan minum air yang cukup agar tubuh dalam keadaan prima.

Kegiatan ini mendapat sambutan positif dari berbagai kalangan. “Aksi sosial seperti ini sangat bermanfaat dan kami merasa bangga bisa turut serta,” kata salah satu mahasiswa Universitas Hasanuddin yang mengikuti kegiatan ini.

Dengan terselenggaranya kegiatan ini, Kejati Sulsel berharap dapat memberikan kontribusi nyata dalam memenuhi kebutuhan darah di PMI Sulawesi Selatan serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya donor darah dan menjaga kesehatan.(*)

Dapatkan berita terbaru di Global Katasulsel.com