Global.com, Sidrap — Sebuah inovasi baru dilakukan oleh Anggota Makodim 1420/Sidrap, Sertu Zainuddin di halaman rumahnya dengan memanfaatkan lahan kosong menjadi lahan perkebunan yang asri dan hijau. Pada Senin, 15 Januari 2024, Sertu Zainuddin menanam berbagai macam sayuran di halaman rumahnya, dan kegiatan ini menjadi contoh bagi masyarakat sekitar untuk menjadikan lahan kosong menjadi lahan produktif dan memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari.

Menanam sayuran di halaman rumah yang sebelumnya tidak produktif, telah memberikan banyak manfaat bagi pemilik lahan dan masyarakat sekitar. Pemanfaatan lahan yang kini terbukti efektif dalam menjawab ketersediaan pangan, khususnya sayuran. Selain itu, memanfaatkan lahan kosong di sekitar pekarangan rumah menjadi lahan produktif, dapat meningkatkan ketahanan pangan secara mandiri dan memperkuat kebutuhan pangan masyarakat secara umum.

Dalam hal ini, Sertu Zainuddin memberikan kontribusinya dalam memenuhi kebutuhan pangan dan menjadi tempat pengajaran bagi masyarakat sekitar dalam mengoptimalkan lahan yang sebelumnya tidak produktif untuk dijadikan lahan produktif sebagai solusi pemenuhan kebutuhan pangan sehari-hari.

Selain bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan pangan, memanfaatkan lahan kosong dan membuat perkebunan juga dapat meningkatkan kualitas udara dan kehidupan di sekitar lingkungan rumah. Lahan yang awalnya kosong dan kurang terawat bisa menjadi tempat yang asri, segar dan nyaman serta mengurangi polusi yang ada.

Adapun lahan yang sebelumnya tidak diperuntukkan secara produktif di seluruh Indonesia, termasuk di luar kota, memiliki banyak potensi untuk dimanfaatkan menjadi lahan produktif. Dalam hal ini, pemanfaatan lahan seperti dihalaman rumah dapat menjadi contoh bagi masyarakat sekitar, yang ingin memanfaatkan lahan kosong yang tersedia di sekitar rumahnya menjadi lahan produktif.

Melalui halaman rumah yang terlihat asri dan nyaman, Sertu Zainuddin mengajarkan kepada masyarakat untuk memanfaatkan sumber daya yang ada di sekitar rumahnya untuk meningkatkan kualitas hidup dengan cara yang bermanfaat dan membuat lingkungan menjadi lebih hijau. Tidak hanya bagi masyarakat di sekitar, namun juga untuk pembangunan hijau pada tingkat nasional, hal ini tentunya akan memberikan dampak positif pada lingkungan, kesehatan dan kehidupan sosial masyarakat. Semoga inspirasi dari Sertu Zainuddin dapat menginspirasi kita semua untuk mengubah lahan kosong yang ada di sekitar rumah kita menjadi lebih produktif dan bermanfaat bagi lingkungan sekitar.(*)

Dapatkan berita terbaru di Global Katasulsel.com