Sidrap, Global.com – Puskesmas Pangkajene Kecamatan Maritengngae Kabupaten Sidenreng Rappang kunjungi MTsN 2 Sidrap, jl. Masjid Agung no.2 Kelurahan Lakessi Kecamatan Maritengngae dalam rangka penjaringan kesehatan anak usia sekolah pada hari Senin 23 September 2024. Kegiatan seperti ini rutin dilakukan sekali dalam setahun.

Puskesmas Pangkajene menurunkan 3 tim atau 15 petugas, setiap tim terdiri atas 5 petugas untuk masuk ke setiap kelas untuk memeriksa setiap siswa. Adapun pemeriksaan yang dilakukan adalah pemeriksaan telinga, gigi, mata, tinggi badan, berat badan, dan kesehatan jiwa.

Dalam penyampaiannya saat dimintai keterangannya salah satu petugas yaitu drg. Parmita memaparkan bahwa penjaringan kesehatan usia sekolah ini rutin dilaksanakan sekali setahun tujuannya untuk deteksi dini berbagai masalah kesehatan peserta didik, semisal masalah dengan penglihatan, atau gigi, ataupun pendengaran, maka siswa tersebut akan diberi surat keterangan untuk ceck out di Puskesmas.

“Tujuan penjaringan kesehatan anak usia sekolah ini sebenarnya untuk mendeteksi dini masalah yang dihadapi siswa, misalanya masalah di mata, maka siswa disuruh ceck out di Puskesmas dengan bawa surat keterangan dari kami”. tutur drg. Parmita.

Sementara itu Kepala MTsN 2 Sidrap Harsono, S.Pd. M.Pd. menyambut dan mengapresiasi kedatangan petugas kesehatan dari Puskesmas Pangkajene tersebut, menurutnya program yang dilakukan oleh Puskesmas Pangkajene ini sangat baik dan membantu, dengan adanya deteksi dini ini siswa yang bermasalah bisa mendapatkan penanganan segera, agar tidak semakin parah. “alhamdulillah programnya Puskesmas ini sangat bagus dan sangat membantu, terutama siswa yang ada masalah di matanya, telinganya, apalagi biasa banyak yang bermasalah di giginya, supaya cepat ditangani biar tidak semakin parah” ungkap Kamad Harsono.

Dapatkan berita terbaru di Global Katasulsel.com