Makassar, Global.com – Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Didik Supranoto, S.I.K., M.H. , menegaskan bahwa Direktorat Lalu Lintas Polda Sulawesi Selatan, melalui Satuan PJR (Patroli Jalan Raya), konsisten dalam melaksanakan pengawalan jenazah secara gratis sebagai bagian dari layanan masyarakat.

“Pengawalan gratis yang dilakukan merupakan salah satu bentuk pelayanan humanis Polri, yang tidak hanya terbatas pada penegakan hukum, tetapi juga memberikan kenyamanan dan penghormatan kepada keluarga yang tengah berduka,” ucapnya saat ditemui, Minggu (06/10/2024)

Dikatakannya lagi, layanan ini dilakukan untuk menjamin tidak ada gangguan lalu lintas yang bisa memperlambat atau menghambat perjalanan jenazah.

Seperti yang dilaksanakan dua personel yaitu Bripka Muh Irfan dan Brigpol Candra Wahyu S, yang mengawal iring-iringan jenazah dari rumah duka Budi Luhur di Jalan Mappaodang hingga ke pemakaman Bolangi.

Keduanya menggunakan kendaraan dinas sepeda motor dinas R2 Zebra. Dalam kegiatan ini, rute pengawalan meliputi area dalam Kota Makassar.

Sementara itu, Kasat PJR Ditlantas Polda Sulsel, AKBP Astu S. Sos, menyampaikan bahwa kegiatan pengawalan jenazah ini akan terus menjadi bagian dari program harian PJR. Hal ini diharapkan dapat memberikan ketenangan bagi keluarga yang sedang berduka, serta menunjukkan komitmen Polri dalam melayani masyarakat dengan sepenuh hati.

Layanan gratis pengawalan jenazah ini telah mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak, termasuk masyarakat Kota Makassar. Selain meminimalisir hambatan di jalan, langkah ini juga dinilai sebagai bentuk empati dan penghargaan terakhir kepada mereka yang telah meninggal dunia, sejalan dengan prinsip pelayanan yang humanis dan responsif dari Polri.

Dapatkan berita terbaru di Global Katasulsel.com