Global.com, Makassar — Kantor Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan menjadi saksi dibukanya Forum Grup Discussion (FGD) oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan, Leonard Eben Ezer Simanjuntak, Kamis, 30 November 2023. Bertemakan “Potensi Kerawanan Pemilu Tahun 2024 di Sulawesi Selatan”, FGD ini dihadiri oleh seluruh Kejaksaan Negeri dan Cabang Kejaksaan Negeri se Sulawesi Selatan.

#Diskusi dan Analisis Potensi Kerawanan

FGD dilaksanakan secara luring dan diikuti oleh sejumlah pembicara/nara sumber terkemuka, seperti Wakapolda SulSel Brigjen Pol Chuzaini Patoppoi, Ketua Bawaslu SulSel Mardiana Rusli, SE.,M.I.Kom, dan Prof. Dr. Anwar Borahima, SH. MH. Penanggap dari praktisi hukum, akademisi, dan aktivis LSM turut serta dalam membahas potensi kerawanan Pemilu 2024.

#Peran Strategis Kejaksaan

Dalam sambutannya, Leonard Eben Ezer Simanjuntak menyampaikan pentingnya FGD sebagai wadah diskusi dan analisis potensi kerawanan yang mungkin terjadi pada Pemilu mendatang. Sebagai pihak yang memiliki peran penting dalam menjaga keamanan dan keadilan selama pemilu berlangsung, Kejaksaan, Kepolisian, dan Bawaslu memiliki tanggung jawab besar. Kejaksaan Republik Indonesia telah mengeluarkan pedoman, seperti Instruksi Jaksa Agung RI nomor 6 Tahun 2023 dan surat Jaksa Agung Muda Intelijen nomor B-1311/D/Ds.2/08/2023, untuk mendukung suksesnya penyelenggaraan Pemilu 2024.

#Kesiapan Pemilu Serentak 2024

Kejaksaan Republik Indonesia memiliki peran strategis dalam menyukseskan Pemilu Serentak 2024, termasuk penanganan tindak pidana pemilu, pemilihan, dan perselisihan hasil pemilu. Kajati SulSel Leonard Eben Ezer Simanjuntak mengajak semua pihak untuk bersama-sama menyusun strategi dalam menghadapi tantangan pada Pemilu mendatang.

#Dukungan GAKKUMDU

Leonard Eben Ezer Simanjuntak menekankan perlunya melaksanakan penanganan tindak pidana pemilu secara aktif, kolaboratif, dan koordinatif dalam mekanisme sentra penegakan hukum terpadu (GAKKUMDU). Melalui FGD, diharapkan akan diperoleh masukan dan ide-ide konstruktif untuk mempersiapkan pelaksanaan pemilu yang berkualitas dan bermartabat.

#Harapan untuk Pemilu Berkualitas dan Bermartabat

Dalam penutup sambutannya, Kajati SulSel Leonard Eben Ezer Simanjuntak berharap melalui diskusi ini, dapat memperoleh berbagai masukan dan ide-ide yang konstruktif dalam mempersiapkan pelaksanaan pemilu yang berkualitas dan bermartabat. Forum ini menjadi momentum untuk saling berbagi pengetahuan dan pengalaman serta menyusun strategi bersama menjaga kelancaran dan keberhasilan Pemilu 2024, sehingga Sulawesi Selatan dapat mempersembahkan yang terbaik untuk Indonesia.(*)

Dapatkan berita terbaru di Global Katasulsel.com