Global.com,Sidrap — Babinsa Kelurahan Empagae melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) bersama masyarakat Lingkungan 1 RT/RW 003/004, Kelurahan Empagae, Kecamatan Watang Sidenreng, Senin, 18 September, pukul 12.45 WITA. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya kebakaran yang dapat terjadi di musim kemarau.

Beberapa tips yang disampaikan kepada masyarakat dalam menghadapi musim kemarau, di mana hutan dan lahan mengering, antara lain:

1. Tempatkan sampah yang akan dibakar di area yang aman dan jauh dari benda-benda mudah terbakar. Hal ini akan mengurangi risiko kebakaran yang disebabkan oleh api dari pembakaran sampah.

2. Hindari merokok di dalam rumah. Puntung rokok yang masih menyala dan tertiup angin dapat memicu kebakaran.

3. Jangan meninggalkan kompor menyala tanpa pengawasan. Pastikan tetap berada di dapur selama proses memasak berlangsung.

4. Matikan alat elektronik yang tidak digunakan dan hindari penggunaan listrik berlebihan. Arus pendek listrik dapat meningkatkan potensi terjadinya kebakaran.

5. Periksa kabel listrik rumah secara berkala, meskipun tampak baik-baik saja. Pengecekan rutin akan membantu mencegah kebakaran akibat korsleting listrik.

Kegiatan Komsos ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pencegahan kebakaran, khususnya di musim kemarau yang rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan.(*)

Dapatkan berita terbaru di Global Katasulsel.com