Global.com, Enrekang — Kementerian Agama Kabupaten Enrekang menggelar rapat koordinasi bulanan yang dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Kasubbag Tata Usaha, Kepala Seksi dan penyelenggara, serta perwakilan Madrasah, KUA, Penyuluh, dan Pengawas. Rapat yang digelar pada Senin, 11 Desember 2023 tersebut membahas berbagai hal yang berkaitan dengan program kerja dan kegiatan yang akan dilakukan pada tahun berikutnya.

Pada rapat tersebut, Kasubbag Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kabupaten Enrekang, Muhammad Basir, memberikan beberapa informasi mengenai penyelenggaraan Hari Amal Bakti Kementerian Agama RI ke-78 Tahun 2023. Muhammad Basir juga menginformasikan bahwa pembayaran tunjangan kinerja (Tukin) akan dilakukan melalui aplikasi gaji.

Seksi Haji pada rapat koordinasi tersebut, menyampaikan bahwa saat ini sudah memasuki masa pendaftaran bagi para calon jamaah haji. Enrekang mendapatkan jatah Pembimbing Ibadah, sehingga bagi yang ingin mendaftarkan diri diharuskan melengkapi berkas-berkasnya dengan syarat sudah menunaikan ibadah haji, memiliki sertifikat, dan usia maksimal 60 tahun. Kepala KUA juga menghimbau kepada seluruh calon jamaah haji agar mengurus paspornya secara mandiri. Selain itu, Sawal Sitonda dari seksi Haji juga mengajak seluruh peserta rapat untuk ikut serta dalam gerak jalan Moderasi pada HAB Ke-78 di Pangkep.

Dalam rapat koordinasi tersebut, seksi PAIS menyampaikan bahwa seluruh program-programnya telah terlaksana dengan baik. Pihak seksi juga menerangkan bahwa pembayaran selisih Tukin untuk guru PAI sudah diajukan dan diharapkan dapat terealisasi pada hari yang sama.

Pada seksi Pd. Pontren, mereka menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh kepala KUA dan jajarannya yang telah membantu dalam mengsukseskan Lembaga Data Emis. Selain itu, pihak seksi juga mengingatkan bahwa ada beberapa Pondok Pesantren yang masa izin operasionalnya (ijob) sudah harus segera diperbarui. Oleh karena itu, perpanjangan ijob harus segera diajukan.

Sementara itu, seksi Madrasah menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala MTsN 1 Enrekang yang telah bersedia menjadi tuan rumah pada hari Guru. Selain itu, pihak seksi juga meminta agar organisasi PGRI selalu bersolidaritas dan kinerja Madrasah harus terus ditingkatkan untuk akreditasi kedepannya.

Demikianlah hasil dari rapat koordinasi bulanan Kementerian Agama Kabupaten Enrekang. Melalui sinergi yang baik dari berbagai pihak, diharapkan dapat terlaksananya program kerja dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan sukses.(*)

Dapatkan berita terbaru di Global Katasulsel.com