GLOBAL.COM, SIDRAP — Babinsa Koramil 1420-01/Panca Lautang Desa Alesaleo Serda Isman melaksanakan pendampingan penyaluran Bubuk “ABT” dari Puskesmas Panca Lautang kepada warga di wilayah Desa Alesaleo Kecamatan Panca Lautang Kabupaten Sidenreng Rappang, Selasa (30/04/24).

Kegiatan pendampingan penyaluran Bubuk “ABT” dari Puskesmas Panca Lautang ini dalam rangka mencegah berkembang biak nyamuk demam berdarah dimana saat ini juga sudah masuk musim penghujan.

Penaburan bubuk abate bertujuan untuk membunuh larva nyamuk, serta mencegah perkembangbiakan menjadi nyamuk dewasa yang nantinya menjadi pelaku utama tersebarnya penyakit DBD. Bubuk abate ini berguna untuk memperpendek siklus perkembangan larva nyamuk, sehingga larva nyamuk akan mati sebelum menetas.

Babinsa Desa Alesaleo Serda Isman menghimbau masyarakat agar selalu menjaga kebersihan lingkungan dan membersihkan tempat yang di hinggapi jentik nyamuk, tetap jaga Pola hidup sehat dan memberikan bubuk ABT ke tempat genangan air dan bak mandi untuk mencegah perkembangan biakan nyamuk.

Secara spesifik Babinsa menjelaskan “Cara pakai bubuk ABT dengan menggunakan satu sendok makan berisikan 10 gram abate untuk 100 liter air. Lalu menyikat terlebih dahulu dinding bak mandi sebelum menaburinya dengan bubuk abate, Bubuk abate akan cenderung menempel di dinding bak, tempayan, maupun kolam,” jelas Babinsa. (*)

Dapatkan berita terbaru di Global Katasulsel.com