GLOBAL.COM, SIDRAP — Dalam rangka antisipasi bencana alam dan perkembangan situasi di wilayah Kabupaten Sidenreng Rappang, Kodim 1420/Sidrap menyiapkan satuan perbantuan di halaman Makodim 1420/Sidrap Jalan Jenderal Sudirman Kelurahan Majelling Wattang Kecamatan Marittengae Kabupaten Sidenreng Rappang, Kamis (25/04/24).

Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan dari Dasar Surat Telegram Danrem 141/Toddopuli nomor : ST/20/I/2024 tgl 16 Januari 2024 tentang Pelaksanaan Kegiatan penyiapan Satuan Perbantuan Kodim 1420/Sidrap TA. 2024.

Bencana alam adalah bencana yang diakibatkan oleh peristiwa atau serangkaian peristiwa yang disebabkan oleh alam antara lain berupa gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir, kekeringan, angin topan, dan tanah longsor.

Siklus penanggulangan bencana meliputi empat tahapan, yaitu tahap pencegahan dan mitigasi, tahap kesiapsiagaan, tahap tanggap darurat, serta tahap rehabilitasi dan rekonstruksi.

Komandan Kodim 1420/Sidrap Letkol Inf Andika Ari Prihantoro, SE., M.I.Pol., mengatakan tujuan dari dilaksanakannya kegiatan kesiapan satuan perbantuan ini yaitu untuk menunjukkan kesiapsiagaan dalam melaksanakan penanggulangan bencana, yaitu dengan melaksanakan pengecekan personil maupun materil.

Tujuan lain untuk membangun sinergitas dan mengkonsolidasikan satuan pelaksanaan penanggulangan bencana alam di wilayah Kodim 1430/Sidrap khususnya dan pemerintah daerah pada umumnya,” kata Dandim.

Selain itu juga dalam rangka membantu masyarakat dalam menghadapi kemungkinan terjadi nya bencana alam di negeri kita ini khususnya wilayah Sidenreng Rappang,” ujarnya.

Mengingat dampak yang di timbulkan, kata Dandim, penanggulangan bencana alam harus di lakukan dengan menggunakan prinsip dan cara yang tepat dengan tujuan agar tidak terlalu berdampak buruk bagi para korban bencana.

“Penanggulangan bencana harus dilakukan dengan prinsip dan cara yang tepat,” katanya. (*)

Dapatkan berita terbaru di Global Katasulsel.com