GLOBAL.COM, ENREKANG – Pj Bupati Enrekang Dr. H. Baba, meninjau dua titik lokasi bencana longsor di Kecamatan Maiwa, yaitu di desa Pasang dan desa Palakka, pada Sabtu (04/05/2024).

Bupati didampingi Kasatpol PP dan tim BPBD tidak hanya datang meninjau lokasi bencana, tetapi juga datang secara langsung melihat kondisi yang dirasakan oleh warga serta melakukan mitigasi.

Pj Bupati menjelaskan jalan amblas yang terjadi di Desa Pasang ini merupakan jalan penghubung beberapa desa, termasuk jalan penghubung kecamatan Enrekang dan kecamatan Maiwa. Saya sudah sampaikan sama kepala desanya agar bersifat sementara dulu, supaya bisa dilalui kendaraan mobil karena ini adalah keadaan darurat, “ujarnya di lokasi, sabtu 3 mei 2024.

Tadi yang di desa Palakka itu, longsornya cukup parah, jalanya sudah betul-berul putus, sementara bentangan kerusakan ada 30 mmeter. Tanah disekitarnya juga goyang dan retak-retak, jadi ada 17 rumah harus dievakuasi ke tempat yang lebih aman, “terangnya.

Saya bilang sama Pak desa selamatkan warga terlebih dahulu, cari lokasi yang lebih aman untuk evakuasi rumah-rumah penduduk di sekitar itu. Tentu pemerintah daerah akan terlibat di situ untuk memfasilitasi, termasuk juga kita masukkan alat-alat untuk evakuasi, “tegas Pj Bupati dengan prihatin. (*)

Dapatkan berita terbaru di Global Katasulsel.com